Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Ahli

Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Ahli
Mobilitas Sosial
Pada dasarnya setiap individu selalu merasa tidak puas terhadap status dan peran yang dimilikinya. Itulah sebabnya, bila memungkinkan, individu akan berupaya melakukan mobilitas ke lapisan sosial atas untuk memperoleh status sosial serta peran yang lebih terhormat. Namun dalam proses mobilitas sosial tersebut, tidak tertutup kemungkinan bahwa individu dapat pula jatuh ke lapisan sosial bawah.

Mengutip pendapat para ahli sosiologi, pengertian mobilitas sosial dapat diuraikan sebagai berikut.
1. Horton dan Hunt, mobilitas sosial dapat diartikan sebagai suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya, atau gerak dari strata satu ke strata lainnya.

2. Soerjono Soekanto, mobilitas sosial ialah gerak dari satu posisi sosial ke posisi sosial lainnya. Yang harus diingat di sini adalah seseorang takan dapat berpindah ke posisi yang lebih baik jika memang tidak ada posisi yang diperuntukkan baginya. Selain itu, dalam rangka berpindah ke posisi yang lebih baik, setiap orang pun harus memiliki karakteristik dan kemampuan memasuki status tersebut.

3. William Kornblum, mobilitas sosial adalah perpindahan individu-individu, keluarga-keluarga, dan kelompok sosialnya dari satu lapisan ke lapisan sosial lainnya.

4. Michael S. Bassis, mobilitas sosial adalah perpindahan ke atas atau ke bawah lingkungan sosio ekonomi yang mengubah status sosial seseorang dalam masyarakat.

5. H. Edward Ransford, mobilitas sosial adalah perpindahan ke atas atau ke bawah dalam lingkungan sosial secara hierarki.

6. Kimbal Young dan Raymond W. Mack, mobilitas sosial adalah suatu mobilitas dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.

7. Robert M.Z. Lawang, mobilitas sosial adalah perpindahan posisi dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain atau dari satu dimensi ke dimensi yang lainnya.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Materi Sosiologi yang Berkaitan
1. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Mobilitas Sosial (KTSP)
2. Materi Ujian Nasional Kompetensi Mobilitas Sosial 
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Ahli"