Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Ahli

Apa sebenarnya yang dimaksud lembaga sosial? Untuk menjelaskannya, dapat dikutip definisi dari beberapa ahli:
1. Bruce J. Cohen, lembaga sosial merupakan sistem pola sosial yang tersusun rapi dan secara relatif bersifat permanen serta mengandung perilaku tertentu yang kokoh dan terpadu demi pemuasan dan pemenuhan kebutuhan pokok manusia.

2. Harry M. Johnson, lembaga sosial adalah seperangkat norma yang terinstitusionalisasi (institiutionalized), yaitu:
• Telah diterima sejumlah besar anggota sistem sosial
• Ditanggapi secara sungguh-sungguh
• Diwajibkan, dan terhadap pelanggarnya dikenakan sanksi tertentu

3. Koentjaraningrat, yang dimaksud dengan lembaga sosial adalah sistem yang dikembangkan menjadi wahana sehingga memungkinkan warga masyarakat untuk berinteraksi menurut pola resmi. Atau suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas untuk memenuhi kebutuhan kompleks khusus dalam kehidupan manusia.

4. Soerjono Soekanto, lembaga sosial adalah himpunan norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat.

5. Paul Horton dan Chester L. Hunt, lembaga sosial adalah sistem norma-norma sosial dan hubungan-hubungan yang menyatukan nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

6. Peter L. Berger, lembaga sosial adalah suatu prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia ditekan oleh pola tertentu dan dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.

7. Mayor Polak, lembaga sosial adalah suatu kompleks atau sistem peraturan-peraturan dan adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai yang penting.

8. W. Hamilton, lembaga sosial adalah tata cara kehidupan kelompok, yang apabila dilanggar akan dijatuhi berbagai derajat sanksi.

9. Robert MacIver dan C.H. Page, lembaga sosial adalah prosedur atau tata cara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antarmanusia yang tergabung dalam suatu kelompok masyarakat.

10. Leopold Von Wiese dan Becker, lembaga sosial adalah jaringan proses hubungan antarmanusia dan antarkelompok yang berfungsi memelihara hubungan itu serta pola-polanya sesuai dengan minat dan kepentingan individu dan kelompoknya.

11. William Kornblum, lembaga sosial dibentuk untuk memenuhi kebutuhan atau sarana untuk mewujudkan kebutuhan pokok manusia.

12. Alvin L. Bertrand, lembaga sosial pada hakikatnya adalah sekumpulan dari norma-norma sosial (struktur-struktur sosial) yang sudah diciptakan agar dapat melaksanakan fungsi masyarakat. Lembaga-lembaga tersebut meliputi sekumpulan norma dan bukan norma yang berdiri sendiri.

13. Summer, lembaga sosial dilihat dari sudut kebudayaan diartikan sebagai cita-cita, perbuatan, sikap dan perlengkapan-perlengkapan kebudayaan, yang memiliki sifat kekal serta yang bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat. Yang terpenting adalah agar ada keteraturan dan integrasi dalam masyarakat.

14. Roucek dan Warren, lembaga sosial adalah bermacam pola yang sudah memiliki kedudukan pasti atau tetap untuk mempersatukan beragam kebutuhan manusia yang timbul dari kebiasaan-kebiasaan dengan mendapatkan persetujuan dengan cara-cara yang sudah tidak terelakkan lagi, untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan suatu struktur.

15. Fitcher, lembaga sosial adalah suatu sistem hubungan-hubungan sosial yang mengandung nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam usaha memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

16. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, lembaga sosial adalah semua norma-norma dari segala tingkat yang berkisar pada suatu keperluan pokok dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu kelompok yang diberi nama lembaga kemasyarakatan.

Dengan demikian, lembaga sosial dapat disimpulkan sebagai sekumpulan norma yang tersusun secara sistematis yang dibentuk dalam rangka memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia yang bersifat khusus (Kun Maryati dan Juju Suryawati : 2012).


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Baca Juga
1. Bentuk-Bentuk Keluarga
2. Kekuasaan, Wewenang, dan Kepemimpinan
3. Konsep Lembaga Sosial (Social Institutions)
4. Konsep Sosiologi. Peran Sosial
5. Legitimasi
6. Lembaga Kemasyarakatan (Lembaga Sosial)
7. Perkawinan
8. Tipe-Tipe Lembaga Sosial
9. Pranata Sosial
10. Pranata dan Lembaga 

Materi Sosiologi yang Berkaitan
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 3. Lembaga Sosial (KTSP)
2. Materi Ujian Nasional Kompetensi Lembaga Sosial
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Lembaga Sosial Menurut Ahli"