Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ketimpangan Sosial Menurut Ahli

Pengertian Ketimpangan Sosial Menurut Ahli
Ketimpangan Sosial
Ketimpangan sosial dapat diartikan sebagai adanya ketidakseimbangan atau jarak yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yang disebabkan adanya perbedaan status sosial, ekonomi, ataupun budaya. Ketimpangan sosial disebabkan oleh adanya faktor-faktor penghambat, sehingga mencegah dan menghalangi seseorang untuk memanfaatkan akses atau kesempatan-kesempatan yang tersedia. Untuk lebih jelasnya, berikut pemaparan beberapa pengertian dari para ahli.
1. Andrinof A. Chaniago, ketimpangan adalah buah dari pembangunan yang hanya berfokus pada aspek ekonomi dan   melupakan aspek sosial.

2. Budi Winarno, ketimpangan merupakan akibat dari kegagalan   pembangunan di era globalisasi untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis warga masyarakat.

3. Jonathan Haughton & Shahidur R. Khandker, ketimpangan sosial adalah bentuk-bentuk ketidakadilan yang terjadi dalam proses pembangunan.

4. Roichatul Aswidah, ketimpangan sosial sering dipandang sebagai dampak residual dari proses pertumbuhan ekonomi.

Ketimpangan sosial terjadi karena adanya perbedaan sosial dan stratifikasi sosial yang sangat mencolok. Bagi negara yang sedang berkembang, seperti Indonesia, ketimpangan sosial bisa menjadi ancaman keamanan nasional sebab ketimpangan sosial ini akan berakumulasi dan bersinergi dengan berbagai persoalan masyarakat yang kompleks. Akhirnya ketimpangan sosial bisa menjadi hambatan yang cukup signifikan bagi proses pembangunan masyarakat itu sendiri.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Baca Juga
1. Konsep Sosiologi. Hierarki Sosial
2. Konsep Sosiologi. Permasalahan Sosial
3. Lapisan Masyarakat (Stratifikasi Sosial)
4. Lapisan yang Sengaja di Susun
5. Terjadinya Lapisan Masyarakat
6. Konsumerisme
7. Westernisasi

8. Perbudakan 
9. Kolonialisme
10. Urbanisasi
11. Kelas-kelas dalam masyarakat (social classes)
12. Globalisasi, partikularisasi, dan pengalaman kolonialisme
13. Demografi

Materi Sosiologi yang Berkaitan 
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) 
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) 
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)   
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani "Sejarah adalah kejadian yang berulang. Pertama, merupakan tragedi, dan yang kedua sebagai sebuah peristiwa yang absurd." __Karl Marx

1 comment for "Pengertian Ketimpangan Sosial Menurut Ahli"