Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kepribadian Menurut Ahli

Kepribadian adalah ciri-ciri dan sifat-sifat khas yang mewakili sikap atau tabiat seseorang, yang mencakup pola-pola pemikiran serta perasaan, konsep diri, perangai, mentalitas, yang umumnya sejalan dengan kebiasaan umum. Untuk melengkapi pemahaman mengenai kepribadian, dapat dikutip pendapat sejumlah ahli, di antaranya:
1. Roucek dan Waren, kepribadian didefinisikan sebagai organisasi faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang mendasari perilaku seorang individu.

2. Soerjono Soekanto, kepribadian dapat dimaknai sebagai perangkat peranan-peranan seorang individu.

3. Theodore M. Newcomb, kepribadian merupakan organisasi sikap yang dimiliki oleh seseorang sebagai latar belakang dari perilakunya.

4. John Milton Yinger, kepribadian adalah keseluruhan perilaku seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.

5. Gordon W. Allport, kepribadian adalah organisasi sistem jiwa raga yang dinamis dalam diri individu yang menentukan penyesuaian dirinya yang unik terhadap lingkungannya.

6. M. A. W. Brower, kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi corak kekuatan, dorongan, dorongan, keinginan, opini, dan sikap-sikap seseorang.

7. John F. Cuber, kepribadian adalah keseluruhan dari sifat yang tampak dan dapat dilihat oleh seseorang.

8. Koentjaraningrat, kepribadian adalah beberapa ciri watak yang diperlihatkan seseorang secara lahir, konsisten, dan konsekuen. Setiap manusia melakukan proses sosialisasi. Proses sosialisasi berlangsung selama manusia masih hidup di dunia ini.  Kepribadian seseorang individu dapat terbentuk dalam bertingkah laku, sehingga individu memiliki identitas khusus yang berbeda dengan orang lain.

9. George Herbert Mead, kepribadian adalah tingkah laku manusia berkembang melalui perkembangan diri. Perkembangan kepribadian dalam diri seseorang berlangsung seumur hidup. Menurutnya, manusia akan berkembang secara bertahap melalui interaksi dengan anggota masyarakat.

10. Sutherland, kepribadian adalah abstraksi individu dan kelakuannya sebagaimana halnya sama lingkungan masyarakat dan kebudayaan. oleh karena itu kepribadian digambarkan sebagai hubungan saling memengaruhi antara tiga aspek tersebut.

11. Atkinson, kepribadian ialah pola perilaku dan cara berpikir yang khas yang menentukan penyesuaian diri individu terhadap lingkungan, kepribadian mencakup kepribadian umum yang dapat diamati oleh orang lain dan kepribadian dari pikiran dan pengalaman yang jarang diungkapkan.

Kepribadian memang mulai terbentuk dari hasrat biologis dan bakat naluriah yang telah ada. Akan tetapi, kepribadian tersebut baru akan berkembang sepenuhnya melalui proses belajar dalam lingkungan sosial.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Baca Juga
1. Tipe-Tipe Kepribadian
2. Konsep Diri
3. Sikap
4. Persepsi
5. Imitasi
6. Kepribadian dan Kebudayaan
7. Mimpi
8. Insting/naluri
9. Pikiran
10. Personalitas
11. Fantasi
12. Kesadaran
13. Frustrasi
14. Motivasi


Materi Sosiologi yang Berkaitan 
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 4. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum 2013)
6. Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi     
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Kepribadian Menurut Ahli"