Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Ahli

Interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial karena tanpa interaksi sosial, tak akan mungkin ada kehidupan bersama (Kimbal Young dan Raymond, W. Mack). Bertemunya orang perorangan secara badaniah belaka tidak akan menghasilkan pergaulan hidup dalam suatu kelompok sosial. Pergaulan hidup semacam itu baru akan terjadi apabila orang-orang perorangan atau kelompok-kelompok manusia bekerja sama, saling berbicara, dan seterusnya untuk mencapai tujuan bersama, mengadakan persaingan, pertikaian, dan lain sebagainya. Maka, dapat dikatakan bahwa interaksi sosial merupakan dasar proses sosial, yang menunjuk pada hubungan-hubungan sosial yang dinamis. Untuk melengkapi wacana tentang pengertian interaksi sosial berikut beberapa definisi yang dapat membantu.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), interaksi didefinisikan sebagai hal saling melakukan aksi, berhubungan, atau saling mempengaruhi. Dengan demikian, interaksi sosial adalah hubungan timbal balik (sosial) berupa aksi saling memengaruhi antarindividu, antara individu dan kelompok, dan antarkelompok.

2. Gillin, mengartikan interaksi sosial sebagai hubungan-hubungan sosial yang dinamis menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, atau antarkelompok.

3. Macionis, interaksi sosial adalah proses bertindak (aksi) dan membalas tindakan (reaksi) yang dilakukan seseorang dalam hubungannya dengan orang lain.

4. Broom dan Selznic, interaksi sosial adalah proses bertindak yang dilandasi oleh kesadaran adanya orang lain dan proses menyesuaikan respon (tindakan balasan) sesuai dengan tindakan orang lain.

5. Soerjono Soekanto, interaksi sosial adalah proses sosial mengenai cara-cara berhubungan yang dapat dilihat jika individu dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu serta menentukan sistem dan hubungan sosial.

6. Astrid. S. Susanto, interaksi sosial adalah hubungan antar manusia yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial. Hasil interaksi sangat ditentukan oleh nilai dan arti serta interpretasi yang diberikan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam interaksi ini.

7. Booner, interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua individu atau lebih yang saling mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Baca Juga
1. Bentuk-Bentuk Kontravensi
2. Imitasi
3. Konsep Sosiologi. Peran Sosial
4. Proses Sosial dan Interaksi Sosial
5. Sugesti
6. Persepsi
7. Sikap 
8. Tindakan sosial. Tindakan afektif
9. Tindakan sosial. Tindakan tradisional
10. Tindakan sosial. Tindakan rasional berorientasi nilai
11. Tindakan sosial. Tindakan rasional instrumental
12. Unsur-unsur utama interaksi sosial
13. Stereotip
 
14. Periklanan
15. Motivasi

16. Difusi
17. Bentuk-bentuk kontravensi
 


Materi Sosiologi yang Berkaitan
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP) 
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Interaksi Sosial Menurut Ahli"