Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Parmenides. Riwayat Hidup dan Karya

Riwayat Hidup dan Karya Parmenides
Parmenides
Parmenides lahir di kota Elea di Italia Selatan sekitar tahun 515. Tahun ini dapat ditentukan atas kesaksian Plato yang menceritakan bahwa Parmenides pada usia 65 bersama dengan muridnya Zeno berkunjung ke Athena di mana ia bercakap-cakap dengan Sokrates yang masih muda pada waktu itu. Mungkin dalam masa mudanya ia menganut ajaran Pythagorean. Ada kesaksian pula bahwa Parmenides memberi undang-undang kepada kota Elea.

Karya
Parmenides mengarang filsafatnya dalam bentuk puisi. Di kemudian hari Empedokles akan meniru bentuk literer ini, tetapi selain itu puisi tidak dipilih lagi oleh orang Yunani untuk membahasakan pikiran filsafat.

Syair Parmenides terdiri dari prakata dan dua bagian, yang masing-masing disebut jalan kebenaran dan jalan pendapat. Prakata dan bagian pertama hampir lengkap disimpan, yaitu 111 ayat. Dari bagian kedua kita hanya mempunyai 42 ayat saja: menurut dugaan H. Diels itulah sepersepuluh dari teks asli. Dengan meniru gaya bahasa yang lazim dalam Orfisme, dalam prakata ia melukiskan bagaimana ia diantar ke istana Sang Dewi. Dengan itu, ia berbalik dari kegelapan menuju terang. Sang Dewi menyatakan segala-galanya kepadanya dengan melukiskan kedua jalan tersebut.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Baca Juga
1. Parmenides. Jalan Kebenaran
2. Parmenides. Jalan Pendapat

Sumber
Bertens, K. 1999. Sejarah Filsafat Yunani. Kanisius. Yogyakarta
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Parmenides. Riwayat Hidup dan Karya"