Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Niccolo Machiavelli. Tujuan Menghalalkan Segala Cara

Tujuan Menghalalkan Segala Cara Niccolo Machiavelli
Niccolo Machiavelli
Dalam The Prince, Machiavelli membedakan antara kerajaan dan tirani. Kerajaan merupakan penjelmaan kekuasaan bagi kebaikan umum rakyat. Sementara tirani, kekuasaan untuk memenuhi kepentingan pribadi penguasa. Penguasa yang baik adalah orang yang tujuannya bukan untuk kepentingan dirinya sendiri tetapi untuk kebaikan umum, dan bukan demi kepentingan pengganti-penggantinya tetapi demi tanah air yang menjadi milik semua orang.

Demi tujuan yang baik, sebagaimana dinyatakan dalam Discourse, semua cara yang diperlukan bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Machiavelli menyatakan, the end justifies the means (tujuan menghalalkan segala cara). Seorang penguasa tidak wajib membahas apakah tindakannya secara moral benar atau etis. Tidak terdapat kejahatan dalam politik, hanya kesalahan kecil. Terbebas dari pertimbangan moral, penguasa bisa mengerahkan seluruh energinya untuk keputusan empiris. Semua cara tiran secara sah terbuka baginya. Satu-satunya pembatasan adalah bahwa ia harus menggunakannya untuk tujuan yang benar (kebaikan umum, common good).

Pemikiran filsafat politik Machiavelli sering memberi imajinasi bagi para pelaku manipulasi dan penyalahgunaan kekuasaan. Ia menjadi sumber justifikasi teoretis bagi politik kekuasaan dan bagi aksi-aksi politik yang keji dan tidak bermoral. Banyak petualang revolusioner dan diktator mendapatkan formula kesadaran dari Machiavelli mengenai cara menyikapi apa yang mereka anggap sebagai insting. Machiavelli mungkin tidak suka dan ngeri dengan beberapa tindakan yang dilakukan oleh orang-orang sesudahnya yang mengaku dibimbing oleh prinsip-prinsipnya. Ia adalah orang yang tulus dan jujur, bahkan kehidupan pribadinya secara moral tanpa cacat. Namun, dengan menceraikan etika dari politik, ia secara teoretis ikut melempangkan jalan bagi negara absolut dan totalitarian yang sama sekali mengabaikan hak asasi manusia.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Sumber.

Maksum, Ali. 2016. Pengantar Filsafat; dari Masa Klasik hingga Postmodern. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Baca Juga
1. Niccolo Machiavelli. Biografi dan Karya
2. Niccolo Machiavelli. Filsafat Politik Baru
3. Niccolo Machiavelli. Teori Politik Kekuasaan
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Niccolo Machiavelli. Tujuan Menghalalkan Segala Cara"