Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Niccolo Machiavelli (1469-1527)

Biografi Niccolo Machiavelli
Niccolo Machiavelli
Machiavelli lahir tahun 1469 di Florence, Italia dan meninggal dunia tahun 1527 pada umur 58 tahun. Ayahnya adalah seorang ahli hukum, tergolong anggota famili terkemuka tetapi tidak begitu berada. Selama masih hidup Machiavelli—pada puncak-puncaknya Renaissance Italia—Italia terbagi-bagi dalam negara-negara kecil, berbeda dengan negara yang bersatu seperti Prancis, Spanyol atau Inggris. Karena itu tidaklah mengherankan jika pada masa ini Italia lemah secara militer meskipun brilian di segi kultur.

Di kala Machiavelli muda, Florence diperintah oleh penguasa Medici yang masyur, Lorenzo. Setelah Lorenzo meninggal dunia tahun 1492, beberapa tahun kemudian penguasa Medici diusir dari Florence. Florence menjadi republik (Republik Florentine). Pada tahun 1498, Machiavelli, yang berumur dua puluh sembilan tahun, memperoleh kedudukan tinggi di pemerintahan sipil Florence. Selama empat belas tahun sesudah itu dia mengabdi kepada Republik Florence dan terlibat dalam pelbagai misi diplomatik atas namanya, melakukan perjalanan ke Prancis, Jerman, dan di dalam negara Italia.

Tahun 1512, Republik Florentine digulingkan dan penguasa Medici kembali memegang tampuk kekuasaan, Machiavelli dipecat dari posisinya, dan di tahun berikutnya ia ditahan atas tuduhan terlibat dalam komplotan melawan penguasa Medici. Meski disiksa ia tetap bertahan menyatakan tidak bersalah dan akhirnya dibebaskan pada tahun itu juga. Sesudah itu ia pensiun dan berdiam di sebuah perkebunan kecil di San Casciano, tidak jauh dari Florence.

Semasa hidupnya, Machiavelli menulis beberapa buku, yaitu:
a. The Prince (Sang Pangeran), karya paling monumental ditulis tahun 1513.
b. The Discourses upon the First Ten Books of Titus Livius (Pembicaraan terhadap Sepuluh Buku Pertama Titus Livius), ditulis 1932.
c. The Art of War (Seni Berperang), ditulis pada 1520.
d. A History of Florence (Sejarah Florence)
e. La Mandragola (suatu drama yang bagus, kadang-kadang masih dipertanggungjawabkan orang).


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Baca Juga
1. Niccolo Machiavelli. Filsafat Politik Baru
2. Niccolo Machiavelli. Tujuan Menghalalkan Segala Cara
3. Niccolo Machiavelli. Teori Politik Kekuasaan

Sumber.
Maksum, Ali. 2016. Pengantar Filsafat; dari Masa Klasik hingga Postmodern. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Niccolo Machiavelli (1469-1527)"