Mely G. Tan

Biografi Mely G. Tan
Mely G. Tan
Mely Tan Giok Lan, sosiolog dan sinolog Indonesia. Lahir di Jakarta, 11 Juni 1930 dengan nama Tan Giok Lan. Sejak masa mudanya, ia bercita-cita menjadi sinolog (ahli masalah Cina), sehingga kemudian belajar di Fakultas Sastra Universitas Indonesia jurusan Sinologi. Studi ini dirampungkannya pada 1959. Didorong oleh kegemarannya bergaul dan mengamati perilaku manusia, ia mengembangkan bidang studinya kepada sosiologi. Gelar MA diraihnya di Universitas Cornell, Ithaca Amerika Serikat (1961), dan selanjutnya meraih gelar doktor dari Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat (1968). Kesibukan yang dihadapinya masih ditambah dengan aktivitasnya dalam sejumlah organisasi.

Ia menjabat sekretaris umum Himpunan Indonesia untuk pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (1975-1979), anggota Panitia Pengarah Task Force on Psychososial Research in Family Planning WHO, Jenewa, Swiss (sejak 1977), dan anggota redaksi majalah Masyarakat Indonesia dan majalah Berita Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Beberapa karangannya adalah The Chinese of Sukabumi (1963), The Chinese in the United State (1971), Social and Cultural Determinant of Family Planning Services (1974), Golongan Etnis di Indonesia;Suatu Masalah Pembinaan Kesehatan Bangsa (editor,1979), dan Ethnicity and Fertility in Indonesia (1985).


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Mely G. Tan"