Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Max Weber. Tipe-Tipe Ideal

Tipe-Tipe Ideal Max Weber
Max Weber
Suatu tipe ideal adalah konsep yang dibangun oleh seorang ilmuwan sosial, berdasarkan minat atau orientasi teoritisnya untuk menangkap ciri-ciri hakiki suatu fenomena sosial. Tipe-tipe ideal ini adalah peralatan heuristik yang bermanfaat dan sangat membantu dalam melakukan riset empiris dan dalam memahami suatu aspek spesifik dunia sosial.

Max Weber menyatakan bahwa fungsi tipe-tipe ideal ialah sebagai pembanding dengan realitas empiris untuk menetapkan perbedaan atau kemiripan realitas empiris, melukiskannya dengan konsep-konsep yang paling dapat dipahami dengan sangat jelas, dan untuk memahami serta menjelaskan realitas empiris secara kausal. Tipe-tipe ideal ialah peralatan heuristik yang digunakan di dalam mengkaji bagian-bagian realitas historis.Contohnya, para ilmuwan sosial akan merumuskan suatu birokrasi khas-ideal berdasarkan pengkajian mendalam yang mereka lakukan atas data historis. Kemudian tipe ideal itu dapat dibandingkan dengan birokrasi-birokrasi aktual. Peneliti mencari perbedaan-perbedaan di dalam kasus nyata itu dengan tipe ideal yang sudah dibesar-besarkan. Selanjutnya, ilmuwan sosial harus mencari sebab-sebab penyimpangan dari tipe ideal itu.

Demikian, tipe-tipe ideal bukanlah produk tingkah atau angan-angan seorang ilmuwan sosial, tetapi merupakan konsep-konsep yang dirumuskan secara logis. Tipe-tipe ideal ini menurut Weber diperoleh secara induktif dari dunia nyata sejarah sosial. Oleh karena itu, untuk menghasilkan tipe-tipe ideal, para peneliti pertama-tama harus mengkaji secara mendalam realitas historis dan kemudian merumuskan tipe-tipe dari realitas tersebut.

Penggunaan kata ideal atau utopia jangan ditafsirkan bahwa konsep yang sedang dilukiskan mempunyai arti yang terbaik dari segala dunia yang mungkin. Istilah tersebut memiliki arti bahwa bentuk yang dilukiskan di dalam konsep itu jarang ditemukan di dalam dunia nyata, jika memang pernah ada. Tipe-tipe ideal harus masuk akal dalam dirinya sendiri, makna komponen-komponennya harus cocok, dan harus membantu kita membuat dunia nyata menjadi masuk akal. Weber memberikan beberapa varietas tipe-tipe ideal:
1. Tipe-tipe ideal historis, tipe-tipe ini berhubungan dengan fenomena yang ditemukan di dalam suatu epos historis khusus.


2. Tipe-tipe ideal sosiologis umum, tipe-tipe ini berhubungan dengan fenomena yang melintasi sejumlah periode historis dan masyarakat.


3. Tipe-tipe ideal tindakan, tipe-tipe ini adalah tipe tindakan murni yang didasarkan pada motivasi-motivasi aktor.


4. Tipe-tipe ideal struktural, tipe-tipe ini adalah bentuk-bentuk yang diambil oleh sebab-sebab dan konsekuensi-konsekuensi tindakan sosial.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.


Lihat Juga
Tipe Tipe Ideal Max Weber (Youtube Channel. https://youtu.be/VvcNcabF5Uk ) Jangan lupa like, komen, share, dan subscribe yah...

Baca Juga
1. Max Weber. Biografi
2. Tokoh-Tokoh yang Mempengaruhi Perkembangan Ilmu Sosiologi
3. Teori-Teori Sosiologi Sesudah Comte: Mazhab Ekonomi
4. Max Weber. Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme
5. Max Weber. Metodologi: Sejarah dan Sosiologi
6. Max Weber. Sosiologi Substantif
7. Max Weber. Verstehen dan Kausalitas
8. Max Weber. Tindakan Sosial
9. Max Weber. Rasionalisasi
10. Paradigma Sosiologi. Definisi Sosial
11. Max Weber. Struktur-Struktur Otoritas
12. Weber dan Teori Tindakan
13. Pokok Bahasan Sosiologi
14. Weber dan Teori Tindakan
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Max Weber. Tipe-Tipe Ideal"