Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Penelitian Sosiologis bagi Pembangunan

Manfaat Penelitian Sosiologis bagi Pembangunan
Penelitian Sosial
Penelitian Sosiologis
Penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang berlandaskan pada analisis dan konstruksi. Analisis dan konstruksi dilakukan secara metodologis, sistematis, dan konsisten. Tujuannya adalah untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi hasrat manusia untuk mengetahui apa yang dihadapinya dalam kehidupan.

Penelitian merupakan suatu sarana bagi ilmu pengetahuan untuk mengembangkan ilmu yang bersangkutan. Di samping itu, penelitian juga merupakan sarana bagi masyarakat (terutama masyarakat akademis) untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi.

Penelitian sosiologis merupakan proses pengungkapan kebenaran, yang didasarkan pada penggunaan konsep-konsep dasar yang dikenal dalam sosiologi sebagai ilmu. Dalam sosiologi dikenal beberapa konsep dasar seperti,
a. Interaksi sosial
b. Kelompok sosial
c. Kebudayaan
d. Lembaga sosial
e. Lapisan sosial
f. Kekuasaan dan wewenang
g. Perubahan sosial
h. Masalah sosial

Konsep-konsep dasar tersebut merupakan sarana ilmiah yang dipergunakan untuk mengungkapkan kebenaran yang ada dalam masyarakat. Kebenaran itu mungkin berkaitan dengan aspek struktural yang relatif statis, atau aspek prosesual yang relatif dinamis.

Hasil-hasil penelitian sosiologis dapat dimanfaatkan oleh ilmu-ilmu sosial lainnya. hal ini disebabkan karena penelitian sosiologis memusatkan perhatiannya pada masyarakat, yang merupakan wadah kehidupan bersama yang mencakup aspek-aspek,
a. Fisik
b. Biologis
c. Politis
d. Ekonomis
e. Sosial
f. Budaya
g. Kesehatan
h. Pertahanan-keamanan
i. Hukum

Manfaat Penelitian Sosiologis bagi Pembangunan
Tahap-tahap pembangunan dikenal adanya tahap perencanaan, penerapan, atau pelaksanaan, dan evaluasi. Apabila pembicaraan mengenai manfaat penelitian sosiologis dibatasi pada tahap-tahap pembangunan, pada tahap perencanaan pembangunan diperlukan data yang relatif lengkap mengenai masyarakat yang akan dibangun. Data tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut,
a. Pola interaksi sosial, yang sangat penting untuk menciptakan suasana yang mendukung pembangunan.
b. Kelompok-kelompok sosial yang menjadi bagian masyarakat, ada kelompok sosial yang mempunyai kekuatan tidak resmi yang dapat dijadikan panutan bagi pembangunan.
c. Kebudayaan yang berintikan pada nilai-nilai, ada nilai-nilai yang mendukung pembangunan, ada yang mempunyai pengaruh negatif terhadap pembangunan, ada pula yang menghalangi pembangunan.
d. Lembaga-lembaga sosial yang merupakan kesatuan kaidah-kaidah yang berkisar pada kebutuhan dasar manusia dan kelompok.
e. Stratifikasi sosial yang merupakan pembedaan penduduk dalam kelas-kelas sosial secara vertikal. Hal ini penting untuk dapat mengidentifikasi pihak yang dapat dijadikan pelopor pembangunan atau panutan bagi pembangunan.

Pada tahap penerapan atau pelaksanaan, perlu diadakan identifikasi terhadap kekuatan sosial yang ada dalam masyarakat. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mengadakan penelitian terhadap pola-pola kekuasaan dan wewenang yang ada dalam masyarakat, baik yang resmi, maupun yang tidak. Dengan mengetahui kekuatan sosial tersebut, dapat diketahui unsur-unsur yang dapat melancarkan pembangunan, di samping yang menghalangi pembangunan.

Dalam tahap penerapan atau pelaksanaan, penelitian mengenai perubahan sosial juga penting. Dengan pengetahuan mengenai perubahan sosial yang telah terjadi, akan dapat diketahui apakah pembangunan berhasil atau kurang berhasil sebab ada perubahan negatif dan positif yang akibatnya positif perlu dilembagakan hingga nantinya membudaya. Sebaliknya, hal-hal yang negatif perlu segera dinetralkan, agar tidak menjadi kebudayaan tandingan dalam masyarakat (counter-culture).

Segala hasil penelitian sosiologis yang telah dilakukan pada tahap perencanaan dan penerapan akan dapat digunakan sebagai bahan yang akan dinilai pada tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dapat diadakan penilaian dengan menggunakan beberapa ilmu pengetahuan.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Materi Sosiologi SMA 
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 1. Sosiologi sebagai Ilmu tentang Masyarakat (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 1. Fungsi dan Peran Sosiologi (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 1.1 Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 1.2 Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Teori dan Pengetahuan Sosiologi
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani "Sejarah adalah kejadian yang berulang. Pertama, merupakan tragedi, dan yang kedua sebagai sebuah peristiwa yang absurd." __Karl Marx

Post a Comment for "Manfaat Penelitian Sosiologis bagi Pembangunan"