Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lewis H. Morgan. Teori Evolusi Kebudayaan

Lewis H. Morgan (1818-1881) adalah seorang perintis antropolog Amerika terdahulu, pada awal kariernya adalah seorang ahli hukum yang banyak melakukan penelitian suku Indian di hulu Sungai St. Lawrence dekat kota New York. Karya terpentingnya berjudul Acient Society (1987) yang memuat delapan tahapan tentang evolusi kebudayaan secara universal. Adapun dari delapan tahapan tersebut adalah sebagai berikut.
a. Zaman Liar Tua, merupakan zaman sejak adanya manusia sampai menemukan api, kemudian manusia menemukan kepandaian meramu dan mencari akar-akar tumbuhan liar.

b. Zaman Liar Madya, merupakan zaman di mana manusia menemukan senjata busur dan panah. Pada zaman ini pula manusia mulai mengubah mata pencahariannya dari meramu menjadi pencari ikan di sungai-sungai sebagai pemburu.

c. Zaman Liar Muda, pada zaman ini manusia dari persenjataan busur dan panah sampai mendapatkan barang-barang tembikar, namun kehidupannya masih berburu.

d. Zaman Barbar Tua, pada zaman ini sejak pandai membuat tembikar sampai mulai beternak maupun bercocok tanam.

e. Zaman Barbar Madya, yaitu zaman sejak manusia beternak dan bercocok tanam sampai kepandaian membuat benda-benda atau alat-alat dari logam.

f. Zaman Barbar Muda, yaitu zaman sejak manusia memiliki kepandaian membuat alat-alat dari logam sampai mengenal tulisan.

g. Zaman Peradaban Purba, menghasilkan beberapa peradaban klasik zaman batu dan logam

h. Zaman Peradaban Masa Kini, sejak zaman peradaban tua atau klasik sampai sekarang.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Orang cerdas selalu punya cara untuk menang __Nasurudin Hoja

Post a Comment for "Lewis H. Morgan. Teori Evolusi Kebudayaan"