Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Leukippos. Riwayat Hidup

Riwayat Hidup Leukippos
Leukippos
Leukippos adalah pendasar aliran atomisme. Tetapi kurang sekali informasi yang kita tentang kehidupan dan keaktifannya. Menurut kebanyakan kesaksian ia berasal dari kota Miletos, tetapi ada juga kesaksian yang mengatakan bahwa ia berasal dari Elea. Di kemudian hari Epikuros dari Samos (341-270) akan membantah bahwa Leukippos adalah tokoh historis. Lalu beberapa sejarawan modern telah mengikuti pendapat ini. Tetapi Aristoteles dan muridnya Theophrastos menganggap Leukippos sebagai pendiri mazhab atomisme dan tidak mungkin mereka keliru dalam hal ini.

Menurut beberapa kesaksian, Leukippos mempunyai hubungan dengan mazhab Elea. Mungkin ia menetap di sana untuk beberapa waktu dan merumuskan filsafatnya sebagai kritik atas filsafat Elea. Tidak ada data-data yang menyatakan bahwa ia menetap di Abdera, tempat asal muridnya, Demokritos, dan kota yang menjadi pusat atomisme di kemudian hari. Aristoteles dan filsuf-filsuf sesudahnya sering kali menggabungkan nama Leukippos dengan nama Demokritos, bila ia menguraikan ajaran atomisme. 


Dari sebab itu bagi kita hampir tidak mungkin membedakan pikiran-pikiran Leukippos dengan pikiran-pikiran Demokritos. Boleh diandaikan bahwa ajaran atomisme menurut garis besarnya berasal dari Leukippos, lalu dikembangkan lebih lanjut oleh Demokritos. Di sini juga kami akan menguraikan ajaran Leukippos dan ajaran Demokritos bersama-sama.

Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Baca Juga
Leukippos dan Demokritos. Ajaran Atomisme

Sumber.
Bertens, K. 1999. Sejarah Filsafat Yunani. Kanisius. Yogyakarta
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Leukippos. Riwayat Hidup"