Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Lembar Kerja

Komponen Lembar Kerja
Komponen Lembar Kerja
Komponen LK/LT yang dikenal adalah informasi/Konteks Permasalahan dan Pertanyaan/Perintah dengan ciri-ciri sebagai berikut :

• Informasi/Konteks Permasalahan hendaknya menginspirasi siswa untuk menjawab/mengerjakan tugas; tidak terlalu sedikit atau kurang jelas sehingga siswa tak berdaya untuk menjawab/mengerjakan tugas, tetapi juga tidak terlalu banyak sehingga mengurangi ruang kreativitas siswa

Informasi dapat dilengkapi dengan gambar, teks, tabel, atau benda konkret

• Pertanyaan/Perintah hendaknya memicu siswa untuk melakukan percobaan, menyelidiki, menemukan, memecahkan masalah dan/atau berimajinasi/mengkreasi.

Usahakan jumlah pertanyaan dibatasi paling banyak 3 buah sehingga LK/LT tidak seperti hutan belantara yang menjadi beban baca bagi siswa. Sering kita mengajukan banyak pertanyaan padahal ada pertanyaan yang sudah terkandung/implisit dalam pertanyaan lain. Misal, bila sudah ada pertanyaan: Mana bangun yang paling panjang kelilingnya? tidak perlu lagi ada pertanyaan: Mana bangun yang paling pendek kelilingnya?

Bila guru memiliki lebih dari 3 pertanyaan bagus, pertanyaan lebih tersebut hendaknya disimpan dalam pikirannya dan baru diajukan secara lisan kepada siswa sebagai tambahan bila diperlukan.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Komponen Lembar Kerja"