Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelompok-kelompok Kecil (Small Group)

Kelompok-kelompok Kecil atau Small Group
Kelompok Kecil
Di dalam kelompok-kelompok besar, pasti akan timbul kelompok-kelompok kecil. Hal ini disebabkan karena manusia mungkin tidak mempunyai kepentingan-kepentingan sama; manusia memerlukan perlindungan dari rekan-rekannya; manusia mempunyai kemampuan yang terbatas di dalam pergaulan hidup dan lain sebagainya. Keadaan demikian menyebabkan timbulnya small group yang merupakan wadah orang yang mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama. Small group adalah suatu kelompok yang secara teoretis terdiri dari paling sedikit dua orang, di mana orang-orang saling berhubungan untuk memenuhi tujuan-tujuan tertentu dan yang menganggap hubungan itu sendiri penting baginya. Kelompok-kelompok kecil selalu timbul di dalam kerangka organisasi yang lebih besar dan lebih luas. Di dalam partai politik misalnya, yang merupakan kelompok sosial besar, pasti ada kelompok kecil yang menduduki pimpinan partai politik tersebut, awak sebuah pesawat terbang juga merupakan small group; keluarga batih juga merupakan kelompok-kelompok kecil dalam kerangka masyarakat tertentu.

Akhir-akhir ini para sosiolog banyak menaruh perhatian pada penelitian small group karena hal-hal berikut ini.
1. Penelitian terhadap small group merupakan hal yang penting sebab kelompok-kelompok tadi mempunyai pengaruh yang besar terhadap masyarakat dan juga terhadap perilaku sehari-harinya individu.
Kelompok kecil di mana seseorang individu menjadi anggotanya tidak saja merupakan sumber simpati, cinta, dan perlindungan terhadap dirinya, tetapi bahkan dapat merupakan sumber ketegangan, tekanan maupun kekecewaan. Dengan meneliti kelompok-kelompok kecil, akan dapat pula diketahui sampai di mana dinamika masyarakat yang bersangkutan.

2. Dalam kelompok-kelompok kecil, pertemuan antara kepentingan sosial dengan kepentingan individu, berlangsung secara tajam. Penelitian terhadap gejala tersebut memungkinkan tersusunnya hukum-hukum umum mengenai bagaimana tingkah laku individu dalam menghadapi kenyataan-kenyataan sosial.

3. Small group pada hakikatnya merupakan sel yang menggerakkan suatu organisme yang dinamakan masyarakat. Dengan mempelajari sel-sel tadi, dapat diketahui sumber-sumber gerak masyarakat.

4. Kelompok-kelompok kecil merupakan bentuk khusus dalam kerangka sistem sosial secara keseluruhan. Small group seolah-olah merupakan miniatur masyarakat, yang juga mempunyai pembagian kerja, kode etik, pemerintahan, prestise, ideologi, dan seterusnya.

Penelitian terhadap kelompok kecil tersebut merupakan gejala utama abad ke-20 ini. Para sosiolog pada abad ke-19 lebih tertarik pada kecenderungan historis masyarakat. Dengan timbulnya masyarakat-masyarakat kapitalis dan birokratis pada waktu itu, perhatian lebih dicurahkan pada terbentuknya kelompok-kelompok sosial yang baru. Para sosiolog saat itu lebih cenderung mengadakan pembedaan antara individu dengan kelompoknya, seolah-olah individu adalah unsur yang berada di luar kelompoknya.

Di dalam waktu singkat, penelitian terhadap small group pada abad ke-20 ini memberikan beberapa keuntungan, yaitu sebagai berikut.
1. Individu dipandang sebagai bagian dari kelompok yang juga merupakan bagian dari masyarakat secara keseluruhan. Suatu contoh adalah para prajurit yang merupakan kesatuan dalam kelompok sosial, yang berjuang untuk mempertahankan negaranya.

2. Dengan adanya penelitian terhadap small group, dipergunakan metode baru dalam meneliti kelompok-kelompok sosial. Yang sekarang dianalisis adalah terutama gerak kelompok tersebut.

3. Untuk kepentingan percobaan ilmiah, para peneliti tidak lagi semata-mata menyelidiki kelompok-kelompok sosial sebagaimana adanya, tetapi bahkan membentuk kelompok-kelompok tertentu untuk membuktikan kebenaran-kebenaran hipotesisnya.

4. Tidak jarang para peneliti secara langsung ikut serta dalam kehidupan kelompok sosial yang diselidiki, untuk memperoleh fakta yang lebih hidup dan dapat dipercaya.

5. Melalui penelitian tersebut, diperoleh suatu bukti bahwa adanya small group dalam masyarakat merupakan hal yang wajar. Dari penelitian terhadapnya dapat pula diketahui adanya golongan-golongan masyarakat yang kreatif serta berani mengambil inisiatif, untuk membedakannya dengan golongan-golongan masyarakat yang berkecenderungan menjauhkan diri dari persoalan-persoalan kemasyarakatan.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Lihat Juga
1. Kelompok kelompok Kecil (Small Group) (Youtube Channel. https://youtu.be/HJfmQivfvm8 ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...
2. [Video] Kelompok-kelompok Kecil (Small Group) (Youtube Chanel. https://youtu.be/irqBHgkAX44 )

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.1 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) 
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.2 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.3 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 5. Kelompok Sosial di Masyarakat (KTSP)
6. Materi Ujian Nasional Kompetensi Kelompok Sosial
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kelompok-kelompok Kecil (Small Group)"