Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamus Istilah Sosiologi. Materi Pengumpulan data

Analisis isi : Pengumpulan data dengan menganalisis isi media massa.

Angket (daftar pertanyaan) : Daftar pertanyaan tertulis mengenai masalah tertentu dengan ruang untuk menjawab bagi setiap pertanyaan.

Angket kombinasi : Angket tertutup yang kemudian disusul dengan angket terbuka.

Angket semi terbuka : Responden menjawab pertanyaan dengan jawaban yang telah tersedia. Namun, responden masih diberi kebebasan untuk mencari jawaban alternatif apabila jawaban yang tersedia tidak atau kurang cocok.

Angket terbuka : Angket yang jawaban-jawaban dari daftar pertanyaannya sepenuhnya diserahkan kepada responden untuk mengisinya sesuai dengan data dan fakta yang dimiliki responden tersebut.

Angket tertutup : Angket yang semua pertanyaan yang ada, jawabannya sudah disediakan, dalam arti responden tidak diberi kesempatan untuk menulis jawaban yang tidak disediakan dalam angket tersebut.

Informan : Orang yang memberi informasi atau orang yang menjadi sumber data dalam penelitian.

Interviewee : Orang yang diwawancarai, narasumber

Observasi : Aktivitas yang dilakukan makhluk cerdas, terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian.

Observasi partisipasi : Penelitian yang menggunakan cara pengamatan terlihat dengan objek kajiannya.

Observasi simulasi : Pengamat menyimulasikan keinginanya kepada responden, dengannya responden dapat memberikan informasi yang sesuai dengan keinginan pengamat.

Observees : Objek yang diamati.

Observer : Peneliti atau pengamat;orang yang mengamati.

Pewawancara (interviewer) : Orang yang mewawancarai

Responden : Semua orang baik secara individu maupun kolektif yang akan dimintai keterangan yang diperlukan oleh pencari data.

Studi kepustakaan  (library research) : Survei atas semua penelitian yang telah dilakukan mengenai masalah yang akan diteliti; suatu cara memperoleh data dengan mempelajari buku-buku di perpustakaan yang merupakan hasil dari para peneliti terdahulu.

Wawancara : Proses memperoleh keterangan untuk penelitian dengan cara tanya jawab secara langsung antara si penanya yang disebut pewawancara dengan si penjawab yang disebut responden atau informan.
 

Wawancara bebas (unguided interview) : Kegiatan wawancara yang tidak berpedoman kepada daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Wawancara bebas terpimpin : Wawancara di mana pewawancara di samping mempunyai pedoman wawancara yang telah dipersiapkan, juga mempunyai peluang untuk mengembangkan pertanyaan tersebut sehingga dapat diperoleh data yang lebih mendalam.

Wawancara terpimpin (guided interview) : Wawancara di mana peneliti sudah mempunyai pedoman wawancara yang telah disiapkan sebelumnya yang pertanyaan memiliki arah yang jelas.

Wawancara terstruktur (terstandar) : Kegiatan wawancara yang dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan sebelumnya. Tujuannya adalah supaya wawancara yang dilakukan tidak menyimpang dari tujuan yang sudah ditetapkan.

Wawancara tidak terstruktur : Lihat wawancara bebas


Ket. klik warna biru untuk link

Download Kamus Istilah di Sini 

Lihat Juga 
1. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Rancangan penelitian sosial 
2. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Pengolahan Data
3. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Laporan Penelitian
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kamus Istilah Sosiologi. Materi Pengumpulan data"