Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamus Istilah Sosiologi. Materi Permasalahan Sosial

Masalah Sosial :  Ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial atau menghambat terpenuhinya keinginan-keinginan pokok dari anggota kelompok sosial tersebut sehingga akan menyebabkan kepincangan ikatan sosial.

Teori Fungsionalis (functional theory) : Teori ini memandang bahwa setiap elemen masyarakat memberikan fungsi terhadap elemen masyarakat lain. Perubahan yang muncul di suatu bagian masyarakat akan menimbulkan perubahan pada bagian yang lain.

Patologi Sosial : Cabang bidang kedoktoran yang berkaitan dengan ciri-ciri dan perkembangan penyakit melalui analisis perubahan fungsi atau keadaan bagian tubuh. Bidang patologi terdiri atas patologi anatomi dan patologi klinik. Ahli patologi anatomi membuat kajian dengan mengkaji organ sedangkan ahli patologi klinik mengakji perubahan pada fungsi yang nyata pada fisiologi tubuh.

Disorganisasi Sosial : Proses berpudarnya norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarakat yang disebabkan karena perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan.

Teori Konflik (conflict theory) : Teori yang menyatakan bahwa konflik berasal dari pertentangan kelas antara kelompok tertindas dan kelompok penguasa sehingga akan mengarah pada perubahan sosial.

Teori Interaksi Simbolik : Teori yang menyatakan masalah sosial sebagai interaksi simbolis antara individu yang tidak mempunyai masalah sosial dan individu yang mempunyai masalah sosial yang mengarahkan individu yang tanpa masalah berperilaku seperti individu yang bermasalah. 

Kemiskinan : Kondisi standar hidup yang sangat rendah. Bahkan, kebutuhan dasar pun tidak dapat dipenuhi. Kemiskinan semacam ini disebut kemiskinan absolut. Kemiskinan absolut berbeda dengan kemiskinan relatif. Kemiskinan relatif mengacu pada kurangnya sumber daya material dan ekonomi dibanding dengan beberapa penduduk lainnya.

White Collar Crime (Kejahatan Kerah Putih) : Kegiatan kriminal yang dilakukan oleh orang-orang dari status sosial yang tinggi yang melakukan kejahatan mereka dalam konteks pekerjaan mereka.

Kesenjangan Sosial : Perbedaan jarak antara kelompok atas dengan kelompok bawah. Kelompok atas yang kaya, dengan kekayaannya akan semakin kuat untuk bertahan hidup. Sebaliknya, kelompok bawah yang miskin akan menjadi kelompok yang terpinggirkan.

Ketidakadilan : Tindakan yang sewenang-wenang. Ketidakadilan pada umumnya menyangkut masalah pembagian sesuatu terhadap hak seseorang atau kelompok yang dilakukan secara tidak proporsional.

Stereotipe : Citra kaku mengenai kelompok ras atau kebudayaan lain tanpa memperhatikan kebenaran dari citra tersebut. Stereotipe merupakan jalan pintas pemikiran yang dilakukan secara intuitif oleh manusia untuk menyederhanakan hal-hal yang kompleks dan membantu dalam pengambilan keputusan secara cepat. Stereotipe dapat berupa positif dan juga negatif, dan kadang-kadang dijadikan alasan untuk melakukan tindakan diskrimintaif.

Marginalisasi : Proses pemutusan hubungan kelompok-kelompok tertentu dengan lembaga sosial utama, seperti struktur ekonomi, pendidikan, dan lembaga sosial ekonomi lainnya.

Subordinasi atau penomorduaan : Pembedaan perlakuan terhadap identitas sosial tertentu.

Dominasi : Interaksi sosial dalam bentuk suatu kelompok menguasai kelompok lain.


Ket. klik warna biru untuk link

Download Kamus Istilah di Sini

Berikutnya
1. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Kelompok Sosial
2. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial
3. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Masyarakat Multikultural
4. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Konflik dan Integrasi Sosial
5. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Struktur Sosial
6. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Kebudayaan
7. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Mobilitas Sosial
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kamus Istilah Sosiologi. Materi Permasalahan Sosial"