Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Konflik Sosial Berdasarkan Speed of Reaction

Jenis Konflik Sosial Berdasarkan Speed of Reaction
Konflik Sosial
Berdasarkan kecepatan reaksi (speed of reaction) yang diberikan para pihak, konflik dibedakan atas:
1. Gerakan sosial damai (peaceful collective action) berupa aksi penentangan, yang dapat berlangsung dalam bentuk aksi korektif (berupaya menyampaikan tuntutan tertulis, petisi), pemogokan (mogok makan, mogok bekerja), atau aksi tutup mulut. Bila tidak mendapat tanggapan yang memuaskan, maka aksi damai dapat dimungkinkan berkembang menjadi aksi membuat gangguan umum (strikes and civil disorders) berwujud demonstrasi ataupun huru-hara.

2. Demonstrasi (demonstrations) atau protes bersama (protest gatherings) adalah kegiatan mengekspresikan ketidaksepahaman suatu kelompok atas isu-isu tertentu. Demonstrasi biasanya masih bersifat lokal dan sporadis, meski tidak tertutup kemungkinan dapat meluas.

3. Kerusuhan dan huru-hara (riots), yakni peningkatan derajat kekerasan (degree of violence) dari sekedar demonstrasi. Kerusuhan berlangsung sebagai reaksi massal atas suatu keresahan umum. Oleh karena disertai dengan histeria massa, maka huru-hara sering kali tidak bisa dikendalikan dengan mudah tanpa memakan korban luka (bahkan kematian).

4. Pemberontakan (rebellions) adalah konflik sosial berkepanjangan yang biasanya digagas dan direncanakan lebih konstruktif serta terorganisasikan dengan baik. Pemberontakan bisa menyangkut perjuangan atas suatu kedaulatan atau mempertahankan teritorial (termasuk eksistensi ideologi tertentu).

5. Aksi radikalisme-revolusioner (revolutions) adalah gerakan penentangan yang menginginkan perubahan sosial secara cepat atas suatu keadaan tertentu.

6. Perang adalah bentuk konflik bersenjata antarnegara yang sangat tidak dikehendaki oleh masyarakat internasional karena dampaknya sangat luas, bahkan tak jarang mengakibatkan tragedi kemanusiaan.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.1 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.2 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.3 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 4. Konflik, Kekerasan, dan Upaya Penyelesaiannya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Konflik dan Integrasi Sosial (KTSP)
6. Materi Ujian Nasional Kompetensi Konflik Sosial dan Integrasi Sosial
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Jenis Konflik Sosial Berdasarkan Speed of Reaction"