Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hippias

Riwayat hidup
Hippias adalah kawan sebaya dengan Sokrates dan berasal dari kota Elis. Ia dibicarakan dalam kedua dialog Plato yang berjudul Hippias Maior dan Hippias Minor. Rupanya ia menguasai banyak lapangan keahlian. Terutama ia mempunyai jasa-jasa besar dalam bidang ilmu ukur.

Riwayat Hidup Hippias
Hippias
Ajaran
Seperti banyak Sofis lain, Hippias juga mencurahkan perhatiannya pada pertanyaan, apakah tingkah laku manusia dan susunan masyarakat harus berdasarkan nomos (adat kebiasaan, undang-undang) atau harus berdasarkan physis (kodrat). Tetapi ia memberi jawaban yang bertolak belakang dengan kebanyakan rekan sofis. Ia beranggapan bahwa kodrat manusiawi merupakan dasar bagi tingkah laku manusia dan susunan masyarakat. 

Ia berpikir begitu, karena undang-undang berkali-kali harus dikoreksi atau diubah. Oleh karenanya ternyata bukan undang-undang yang merupakan norma terakhir untuk menentukan yang baik dan yang jahat. Apalagi, undang-undang menggolongkan manusia sebagai penguasa atau bawahan, sebagai orang bebas atau budak. Padahal, menurut kodratnya, semua manusia sama derajatnya. Dengan demikian pada Hippias tampaklah suatu kosmopolitisme dan universalisme yang menandai banyak sofis.

Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Sumber.
Bertens, K. 1999. Sejarah Filsafat Yunani. Kanisius. Yogyakarta
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Hippias"