Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

George Herbert Mead. Konsep Pikiran (Mind)

Konsep Pikiran atau Mind George Herbert Mead
Konsep Pikiran atau Mind
Mind, Self and Society, George Herbert Mead
Pikiran didefinisikan Mead sebagai suatu proses dan bukan suatu benda, sebagai suatu percakapan batin dengan diri sendiri, tidak ditemukan di dalam individu; bukan intra kranial tetapi suatu fenomena sosial (franks, 2007). Pikiran muncul dan berkembang di dalam proses sosial dan merupakan bagian integral dari proses itu. Proses sosial mendahului pikiran; ia bukan produk pikiran, seperti yang banyak dipercaya. Oleh karena itu, pikiran juga didefinisikan secara fungsional ketimbang secara substantif. Karena itu, kemiripan-kemiripan tersebut dengan ide-ide seperti kesadaran, apakah ada sesuatu yang khas pada pikiran? Kita sudah melihat bahwa manusia mempunyai kemampuan istimewa untuk membangkitkan di dalam dirinya sendiri respons yang dia usahakan timbul pada orang lain.

Satu ciri khas pikiran ialah kemampuan individu membangkitkan di dalam dirinya bukan hanya respons tunggal dari orang lain, tetapi boleh dikatakan, respons komunitas secara keseluruhan. Hal itulah yang memberi seorang individu apa yang kita sebut pikiran. Melakukan apa pun kini berarti suatu respons tertentu yang teratur; dan jika orang mempunyai respons itu di dalam dirinya, ia mempunyai apa yang kita sebut pikiran (Mead, 1934/1962:267). Oleh karena itu, pikiran dapat dibedakan dari konsep-konsep lain yang mirip di dalam karya Mead melalui kemampuannya untuk berespons kepada seluruh komunitas dan mengusahakan suatu respons yang teratur. Mead juga melihat pikiran dengan cara lain yang pragmatik. Yakni, pikiran melibatkan proses berpikir yang berorientasi ke arah pemecahan masalah. Dunia nyata penuh dengan masalah, dan fungsi pikiranlah untuk mencoba memecahkan masalah-masalah itu dan memungkinkan manusia bekerja secara lebih efektif di dalam dunia.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.


Baca Juga
1. George Herbert Mead. Biografi
2. George Herbert Mead. Tahap Generalized Other
3. George Herbert Mead. Konsep Diri (Self)
4. George Herbert Mead. Simbol-simbol Signifikan
5. George Herbert Mead. Tahap Perkembangan Anak
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "George Herbert Mead. Konsep Pikiran (Mind)"