Georg Simmel. Kebudayaan Individual (Subjektif) dan Kebudayaan Objektif

Kebudayaan Individual atau Subjektif dan Kebudayaan Objektif Georg Simmel
Kebudayaan Subjektif dan Objektif
Dalam pandangan Simmel, orang-orang dipengaruhi dan diancam oleh struktur-struktur sosial dan, yang lebih penting lagi, oleh produk-produk kultural mereka. Simmel membedakan di antara kebudayaan individual dan kebudayaan objektif. Kebudayaan objektif mengacu kepada hal-hal yang dihasilkan manusia (seni, ilmu, filsafat, dan seterusnya). Kebudayaan individual (subjektif) adalah kemampuan sang aktor untuk menghasilkan, menyerap, dan mengendalikan unsur-unsur kebudayaan objektif. Dalam pengertian yang ideal, kebudayaan individual membentuk, dan dibentuk oleh, kebudayaan objektif.

Masalahnya ialah bahwa kebudayaan objektif mempunyai kehidupannya sendiri. Seperti diajukan Simmel, Mereka [unsur-unsur kebudayaan] memperoleh identitas yang tetap, suatu logika dan kesesuaian dengan hukum miliknya sendiri; kekuatan yang baru itu mau tidak mau menempatkan mereka terpisah dari dinamika spiritual yang menciptakan mereka dan yang membuat mereka independen (1921/1968:11). Keberadaan produk-produk kebudayaan tersebut menciptakan suatu kontradiksi dengan para aktor yang menciptakan mereka karena merupakan suatu contoh dari: kerenggangan mendalam atau permusuhan yang ada di antara proses organik dan kreatif jiwa dan muatan serta produk-produknya;kehidupan jiwa kreatif yang bergetar tidak pernah diam; yang berkembang ke arah kontras-kontras tidak terbatas dengan produknya yang tetap dan tidak berubah secara ideal dan efek umpan baliknya yang aneh, yang memenjarakan dan benar-benar mengejangkan kehidupan ini. Sering tampak seakan-akan pergerakan kreatif jiwa sedang sekarat karena produknya sendiri (Simmel, 1921/1968:42).

Seperti dikatakan K. Peter Etzkorn, Di dalam dialektika Simmel, manusia selalu terancam dibunuh oleh objek-objek ciptaannya sendiri yang telah kehilangan koefisien manusia organik (1968:2).


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Sumber:
Ritzer, George. Teori Sosiologi. 2012. Pustaka Pelajar. Yogyakarta


Lihat Juga
Kebudayaan Subjektif dan Kebudayaan Objektif Georg Simmel (Youtube Channel. https://youtu.be/HKnhN3HvOwk ) Jangan lupa like, komen, share, dan subscribe yah...

Baca Juga
1. Georg Simmel. Biografi
2. Georg Simmel. Kebudayaan Objektif
3. Georg Simmel. Bentuk-Bentuk dan Tipe-Tipe Interaksi Sosial
4. Georg Simmel. Geometri Sosial
5. Georg Simmel. Kerahasiaan; Sebuah Geometri Sosial
6. Georg Simmel. The Philosphy of Money
7. Georg Simmel. Level-Level dan Wilayah-Wilayah Perhatian
8. Georg Simmel. Pemikiran Dialektis
9. Georg Simmel. Bentuk-Bentuk Sosial; Superordinasi dan Subordinasi
10. Georg Simmel. Fesyen
11. Tokoh-Tokoh yang Mempengaruhi Perkembangan Ilmu Sosiologi 
12. Teori-Teori Sosiologi Sesudah Comte: Mazhab Formal
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Georg Simmel. Kebudayaan Individual (Subjektif) dan Kebudayaan Objektif"