Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Georg Lukacs

Biografi Georg Lukacs
Georg Lukacs
Perhatian para sarjana Marxian awal abad kedua puluh terbatas terutama kepada karya-karya Marx yang belakangan, yang sebagian besar di bidang ekonomi, seperti Capital (1867/1967). Karya awal, khususnya The Economic and Philosopic Manuscript of 1844 (1932/1964), sangat dipengaruhi oleh subjektivisme Hegelian, kebanyakan tidak dikenal oleh para pemikir Marxian. Penemuan kembali Manuscript dan penerbitannya pada 1932 adalah suatu titik balik utama.

Akan tetapi, pada 1920-an Lukacs telah menulis karya utamanya yang menekankan sisi subjektif teori Marxian. Seperti dikatakan Martin Jay, History and Class Consciousness dalam beberapa cara yang fundamental sudah mengantisipasi implikasi-implikasi filosofis Manuscript 1844-nya Marx, meskipun diterbitkan hampir satu dasawarsa lebih awal (1984:102). Kontribusi utama Lukacs kepada teori Marxian terletak pada karyanya mengenai dua ide utama—reifikasi dan kesadaran kelas.


Ket. klik warna biru untuk link
 
Download di Sini


Teori 
1. Georg Lukacs. Kesadaran Kelas dan Kesadaran Palsu
2. Georg Lukacs. Reifikasi
 
Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Georg Lukacs"