Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Utama Penyebab Perilaku Menyimpang

Faktor Utama Penyebab Perilaku Menyimpang
Perilaku Menyimpang
Secara umum, ada sejumlah faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang dalam masyarakat, antara lain:
1. Longgar/tidaknya nilai dan norma
Ukuran perilaku menyimpang bukan pada ukuran baik buruk atau benar salah menurut pengertian umum, melainkan berdasarkan ukuran longgar tidaknya norma dan nilai sosial suatu masyarakat. Norma dan nilai sosial masyarakat yang satu berbeda dengan norma dan nilai sosial masyarakat yang lain. Misalnya, hidup bersama tanpa ikatan perkawinan (kumpul  kebo) di Indonesia di anggap menyimpang, namun di masyarakat Barat merupakan hal yang biasa dan wajar.

2. Sosialisasi yang tidak sempurna
Di masyarakat, sering terjadi proses sosialisasi yang tidak sempurna, sehingga menimbulkan perilaku menyimpang. Contohnya, dalam keluarga, orang tua idealnya bertindak sebagai panutan atau pedoman, menjadi teladan.Namun kadang kala yang terjadi, orang tua justru memberi contoh yang salah, seperti merokok atau berkata kasar. Anak yang melihatnya sangat mungkin akan mengikuti perilaku menyimpang dimaksud.

3. Sosialisasi sub kebudayaan menyimpang
Perilaku menyimpang dapat juga terjadi pada masyarakat yang memiliki nilai-nilai sub kebudayaan yang menyimpang, yaitu suatu kebudayaan khusus yang normanya bertentangan dengan norma-norma budaya yang dominan/pada umumnya. Contohnya, masyarakat yang tinggal di lokalisasi prostitusi, masalah etika dan estetika kurang diperhatikan, sering cekcok, mengeluarkan kata-kata kotor; serta melakukan perbuatan asusila. Hal itu oleh masyarakat umum dianggap perilaku menyimpang.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 5. Perilaku Menyimpang (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum 2013) 
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Ujian Nasional Kompetensi Penyimpangan dan Pengendalian Sosial 
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Faktor Utama Penyebab Perilaku Menyimpang"