F. de Saussure. Struktur

F. de Saussure tentang Struktur
F. de Saussure
Dalam uraian tentang prinsip-prinsip linguistik Saussure ini istilah struktur belum disebut juga dalam Kursus tentang linguistik umum istilah itu tidak dipakai. Baru sesudah Saussure istilah struktur mulai dipakai dalam linguistik. Konon istilah itu tampil untuk pertama kali pada kongres pertama tentang lingustik yang diadakan di Den Haag tahun 1928. Bagaimanapun juga, tidak sulit untuk dimengerti bahwa kata struktur spontan dapat tampil ke muka, bila orang berpikir menurut prinsip-prinsip Saussure.

Kata struktur mudah dikaitkan dengan penjelasan Saussure tentang bahasa sebagai sistem. Pendekatan struktural mengenai bahasa mendapat arti: pendekatan yang menganggap bahasa sebagai sistem dengan ciri-ciri yang dijelaskan di atas. Dengan demikian, kita telah sampai pada latar belakang strukturalisme Prancis. Kata struktur itu sendiri belum cukup untuk mengerti maksud dan jangkauan strukturalisme, karena kata itu dipakai dalam konteks ilmiah yang berlain-lainan. Pemakaian kata struktur dalam strukturalisme disertai oleh seluruh konteks yang uraikan tadi: signifiant-signifie, parole-langue, sinkroni-diakroni. Sebagaimana dikatakan oleh salah seorang tokoh strukturalisme Prancis, Roland Barthes: Untuk menjelaskan perbedaan strukturalisme dengan aliran-aliran pemikiran lain, pasti kita harus kembali kepada pasangan-pasangan seperti umpamanya signifiant-signifie dan sinkroni-diakroni.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Sumber:
Bertens. K. Filsafat Barat Kontemporer: Prancis. 2001. Gramedia. Jakarta.


Baca Juga
1. Ferdinand de Saussure
2. Ferdinand de Saussure. Langage, Parole, dan Langue
3. Ferdinand de Saussure. Linguistik Menjadi Model
4. Filsafat Strukturalisme Prancis
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "F. de Saussure. Struktur"