Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Difusi

Difusi adalah proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan secara meluas sehingga melewati batas tempat di mana kebudayaan itu timbul (Soekanto, 1993:150). Dalam proses difusi ini erat kaitannya dengan konsep inovasi (pembaharuan).

Menurut Everett M. Rogers dalam karyanya Diffusion of Innovation (1993), cepat tidaknya suatu proses difusi sangat erat hubungannya dengan empat elemen pokok, yaitu (a) sifat inovasi; (b) komunikasi dengan saluran tertentu; (c) waktu yang tersedia; (d) sistem sosial warga masyarakat.
a. Sifat inovasi
Maksud dari suatu kebudayaan yang dianggap baru itu, apakah benar-benar memiliki tingkat keunggulan yang dapat diandalkan? Apakah kebudayaan yang dianggap baru itu dapat dipelajari oleh mereka? Semuanya itu mempertanyakan baik dari sisi kemampuan penerima budaya baru, tingkat kecanggihan, kemudahan untuk dipelajari, dan sebagainya.

b. Komunikasi dengan saluran tertentu
Sebagai contoh, suatu inovasi budaya akan cepat berdifusi (menyebar) jika melalui saluran-saluran yang memiliki kesamaan-kesamaan antara penyebar pembaharu dengan sasaran masyarakatnya. Baik itu dalam bahasa, budaya, kepercayaan, tingkat pendidikan, dan lain sebagainya.

c. Tentang waktu
Hal ini berkaitan dengan kecepatan penerima dalam memahami difusi pembaharu itu sendiri maupun kepekaan seseorang terhadap inovasi. Artinya, walaupun penerima cukup lama dihimbau mengikuti difusi inovasi, tetapi karena dia tidak peka terhadap kebutuhan yang bersifat baru maka pembaharuan hampir tidak ada artinya.

d. Tentang sistem sosial warga masyarakat
Maksudnya adalah menunjang tidaknya terhadap pembaharuan. Biasanya, kelompok masyarakat elit, dan terdidik lebih cepat dalam menyikapi pembaharuan budaya. Sebaliknya, dalam masyarakat tradisional dan kurang terdidik cenderung lebih lambat dalam menerima pembaharuan budaya (Rogers, 1983).


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Difusi"