Dampak Perubahan Sosial. Gerakan Sosial

Gerakan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial.
Gerakan Sosial
Perubahan sosial adakalanya disebabkan oleh gerakan sosial. Namun, bisa saja terjadi sebaliknya, perubahan sosial memicu berbagai gerakan sosial untuk mendukung atau menentangnya. Jary dan Jary (1995:614-615) mendefinisikan gerakan sosial sebagai suatu aliansi sosial sejumlah besar orang yang berserikat untuk mendorong atau pun menghambat suatu segi perubahan sosial dalam masyarakat.

Beberapa karakteristik gerakan sosial:
a. Adanya segi kolektif
b. Berlandaskan kesengajaan, organisasi, dan kesinambungan
c. Memiliki tujuan dan kepentingan bersama
d. Gerakan sosial kerap kali ditandai dengan adanya tujuan jangka panjang, yaitu untuk mengubah atau pun mempertahankan masyarakat atau institusi yang ada di dalamnya
e. Penggunaan cara di luar institusi yang ada. Misalnya, pemogokan, pawai dan demonstrasi tanpa izin, mogok makan, intimidasi, konfrontasi dengan aparat keamanan

David Aberle (1989:599-600) membedakan empat tipe gerakan sosial berdasarkan bentuk perubahan yang dikehendaki dan besarnya, yakni:
a. Alterative movements
Gerakan yang bertujuan mengubah sebagian perilaku perseorangan

b. Redemptive movements
Yang hendak dicapai ialah perubahan menyeluruh pada perilaku seseorang

c. Reformative movements
Yang hendak diubah bukan perseorangan, melainkan masyarakat, namun ruang lingkup yang ingin diubah hanya segi-segi tertentu saja

d. Transformative movements
Merupakan gerakan untuk mengubah masyarakat secara menyeluruh


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini 

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Dampak Perubahan Sosial. Gerakan Sosial"