Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Clifford Geertz

Clifford James Geertz (San Francisco, 23 Agustus 1926—Philadelphia, 30 Oktober 2006) adalah seorang ahli antropologi asal Amerika Serikat. Ia paling dikenal melalui penelitian-penelitiannya mengenai Indonesia dan Maroko dalam bidang seperti agama (khususnya Islam), perkembangan ekonomi, struktur politik tradisional, serta kehidupan desa dan keluarga. Terkait kebudayaan Jawa, ia mempopulerkan istilah priyayi saat melakukan penelitian tentang masyarakat Jawa pada tahun 1960-an, dan mengelompokkan masyarakat Jawa ke dalam tiga golongan: priyayi, santri, dan abangan.

Di bidang teori, Geertz dikenal sebagai salah seorang tokoh penganut aliran antropologi simbolis. Sebagai penganut aliran ini, beliau tidak hanya melihat gejala sosial di permukaan saja, tetapi juga mencoba memahaminya dalam konteks dunia nilai dari para pelakunya. Misalnya, penari rangda yang kebal tusukan keris menunjukkan para dewa masih di pihak mereka. Juga oleh Geertz, istilah Islam abangan serta priyayi dan Islam santri terpateri di dalam perbendaharaan sosial di Indonesia. Menurut dia, Islam abangan ialah penganut Islam yang mengaku beragama Islam, tetapi masih sangat dipengaruhi kepercayaan Jawa. Sebaliknya Islam santri sudah bebas dari kepercayaan Jawa.

Sejak tahun 1970 hingga meninggal dunia Geertz menjabat sebagai profesor emeritus di Fakultas Ilmu Sosial di Institute for Advanced Study. Ia juga pernah menjabat sebagai profesor tamu di Departemen Sejarah Universitas Princeton dari 1975 hingga 2000.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Referensi Bacaan
Globalisasi, Partikularisasi, dan Pengalaman Kolonialisme
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Clifford Geertz"