Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Claude Levi-Strauss

Biografi Claude Levi-Strauss
Claude Levi-Strauss
Claude Lévi-Strauss (lahir 28 November 1908 – meninggal 30 Oktober 2009 pada umur 100 tahun) adalah antropolog dan etnolog Prancis, dan disebut sebagai bapak antropologi modern.

Dia berpendapat bahwa pikiran primitif memiliki struktur yang sama dengan pikiran yang beradab dan bahwa ciri-ciri manusia itu sama saja di mana-mana. Pengamatannya ini berpuncak pada bukunya yang terkenal, Tristes Tropiques, yang menempatkan dia sebagai tokoh utama dalam aliran pemikiran strukturalis, tempat di mana gagasan-gagasannya menjangkau berbagai bidang, termasuk humaniora, sosiologi dan filsafat. Strukuralisme didefinisikan sebagai pencarian pola-pola pikiran tersembunyi di dalam segala bentuk kegiatan manusia.

Dia telah menerima kehormatan dari berbagai universitas di seluruh dunia dan memimpin Antropologi Sosial di Collège de France (1959–1982). Dia terpilih sebagai anggota Akademi Prancis atau Académie Française pada 1973.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Teori
1. Strukturalisme Prancis. Sejarah
2. Strukturalisme dan Antropologi Budaya. Claude Levi-Strauss
3. Aliran Filsafat. Strukturalisme
4. Strukturalisme Prancis. Subjektivitas
5. Filsafat Strukturalisme Prancis
6. Strukturalisme dan Post-Strukturalisme
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Claude Levi-Strauss"