Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

C. Wright Mills. Sosiologi Radikal di Amerika

Sosiologi Radikal di Amerika C. Wright Mills
C. Wright Mills
Meskipun teori Marxis sebagian besar diabaikan dan dicaci oleh arus besar sosiolog Amerika, namun ada perkecualian-perkecualian, dan yang paling patut diperhatikan antara lain adalah C. Wright Mills (1916-1962). Mills patut diperhatikan karena usahanya yang nyaris sendirian untuk memelihara tradisi Marxian tetap hidup di dalam teori sosiologis. Para sosiolog Marxian modern jauh melebihi Mills dalam hal kecanggihan teoretis, kendati demikian mereka berutang mendalam kepadanya untuk kegiatan-kegiatan pribadi dan profesional yang menyiapkan panggung bagi karya mereka sendiri (Alt, 1985-1986). Mills bukan seorang Marxis, dan dia tidak membaca Marx hingga tahun 1950-an. Bahkan, pada waktu itu dia hanya dapat membaca segelintir buku-buku terjemahan berbahasa Inggris karena dia tidak dapat membaca bahasa Jerman. Oleh karena itu, Mills telah menerbitkan sebagian besar karya-karya utamanya pada waktu itu, karya itu tidak didasari oleh pengetahuan yang sangat canggih akan teori Marxian.

Mills menerbitkan dua karya utama yang mencerminkan politik radikalnya dan juga kelemahannya di bidang teori Marxian. Yang pertama ialah White Collar (1951), suatu kritik yang tajam atas status kategori pekerjaan yang sedang bertumbuh, para pekerja kerah putih. Karyanya yang kedua ialah The Power Elite (1956), sebuah buku yang berusaha menunjukkan bagaimana Amerika didominasi oleh kelompok kecil pebisnis, politisi, para pemimpin militer (Zweignhaft dan Domhoff, 2006). Di antara kedua karya itu terbit karyanya yang paling canggih secara teoretis, Character and Social Structure (Gerth dan Mills, 1953), yang dikarang bersama Hans Gerth (N. Gerth, 1993).

Radikalisme Mills menempatkan dia di pinggiran sosiologi Amerika. Dia menjadi sasaran banyak kritik, dan sebaliknya, dia menjadi kritikus sosiologi yang keras. Sikap kritisnya berpuncak dalam The Sociological Imagination (1959). Catatan khusus ialah kritik Mills yang sangat keras terhadap Talcott Parsons dan pelaksanaan teori besarnya.

Mills meninggal pada 1962, seorang buangan dalam sosiologi. Akan tetapi, sebelum dasawarsa itu berlalu, baik sosiologi radikal maupun teori Marxian (Levine, 2005) akan mulai melakukan serangan-serangan penting ke dalam disiplin itu.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Sumber
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.


Baca Juga
1. C. Wright Mills. Biografi 
2. Tokoh-Tokoh yang Mempengaruhi Perkembangan Ilmu Sosiologi
3. Pokok Bahasan Sosiologi
4. C. Wright Mills. Imajinasi Sosiologis, Perpaduan Psikologi Sosial dengan Strukturalisme Konflik
5. C. Wright Mills. Dasar Psikologi Sosial
6. C. Wright Mills. Studi Tentang Kekuasaan
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "C. Wright Mills. Sosiologi Radikal di Amerika"