Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anaxagoras. Riwayat Hidup

Biografi Anaxagoras
Anaxagoras
Anaxagoras lahir di kota Klazomenai di Ionia sekitar tahun 500. Ia meninggalkan kota asalnya supaya menetap di Athena dan ada kesaksian bahwa ia hidup di situ selama 30 tahun. Mungkin sekali ia pergi ke sana selaku prajurit dalam tentara Parsi, karena pada waktu itu Klazomenai termasuk daerah yang ditundukkan bangsa Parsi. Dengan demikian Anaxagoras menjadi filsuf pertama yang hidup dan berkarya di Athena. Mulai sejak saat itu Athena menjadi pusat utama filsafat Yunani yang akan datang dan akan memainkan peranan itu sampai abad ke-2 SM. Perikles, jenderal dan negarawan ternama dalam zaman gemilang kota Athena, disebut sebagai murid dan sahabat Anaxagoras.

Dalam tradisi dikatakan juga bahwa Euripides, dramawan tersohor dalam kesusastraan Yunani, termasuk muridnya. Pada permulaan karir politik Perikles terjadi suatu perkara pengadilan terhadap Anaxagoras. Kedua tuduhan yang dikemukakan adalah kedurhakaan (asebeia) dan simpatinya kepada bangsa Parsi. Tetapi agaknya alasan yang sebenarnya ialah bahwa pelawan-pelawan Perikles ingin menentang dia dengan suatu perkara terhadap sahabatnya. Dari Plato kita mendengar apa yang dimaksudkan dengan tuduhan mengenai kedurhakaan. 


Dalam Apologia ia menceritakan bahwa Anaxagoras dituduh karena ia mengajar bahwa matahari adalah batu yang berpijar-pijar dan bulan adalah tanah. Dengan lain perkataan, tuduhannya adalah bahwa ia menganggap bahwa matahari dan bulan semata-mata sebagai benda material, bukan sebagai dewa-dewa. Dengan perantaraan Perikles ia dilepaskan dari penjara dan ia melarikan diri ke kota Lampsakos pada Hellespontos, selat sempit yang menceraikan Asia dari Eropa. Menurut kesaksian tertentu ia meninggal di sana dalam usia 72 tahun.

Anaxagoras mengarang suatu buku dalam prosa. Hanya beberapa fragmen dari bagian pertama buku itu masih disimpan. Aristoteles mengatakan bahwa Anaxagoras lebih tua daripada Empedokles menurut usianya, tetapi bahwa bukunya dikarang sesudah karya Empedokles mengenai alam. Kesaksian ini cocok pula dengan data-data yang kita ketahui dari sumber-sumber lain.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Baca Juga
1. Plato. Riwayat Hidup
2. Anaxagoras. Ajaran Mengenai Nus
3. Anaxagoras. Ajaran Mengenai Benih-Benih

Sumber.
Bertens, K. 1999. Sejarah Filsafat Yunani. Kanisius. Yogyakarta
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Anaxagoras. Riwayat Hidup"