Alvin W. Gouldner. Dialektika Ideologi dan Teknologi

Dialektika Ideologi dan Teknologi Alvin W. Gouldner
Dialektika Ideologi dan Teknologi
Hubungan erat antara masyarakat dan sosiologi serta kesamaan asumsi-asumsi yang mendasarinya dikembangkan lebih lanjut dalam karya Gouldner yang paling akhir. Sementara The Coming Crisis terfokus pada sosiologi dan menyingkap kelemahannya, The Dialectic mencoba mengungkapkan masalah-masalah ideologi yang dihadapi oleh orang-orang modern. Sebagaimana Gouldner harus membahas struktur sosial untuk menyingkap kelemahan sosiologi akademis, dia juga melancarkan beberapa sindiran terhadap berbagai masalah dalam sosiologi ketika mencoba menyingkap kelemahan ideologi kapitalisme dan sosialisme.

Menurut Gouldner, dalam sosiologi, ideologi telah mendapat tempat dan kritik yang semestinya akan tetapi jarang sekali sebagai subjek analisa dan studi yang sistematis. Ilmu-ilmu sosial konvensional melihat ideologi gagal karena tiga hal: yaitu berat-sebelah, ahistoris dan tidak refleksif. Berat sebelah dalam arti gagal melihat secara tepat kedua sisi yang ada di mata uang ideologis itu, tidak melihat tuntutan-tuntutan ideal serta realitas yang mengelilinginya. Pandangan ilmu-ilmu sosial bersifat ahistoris sebab tidak memberi perhatian yang semestinya terhadap kompleksitas asal-usul historis ideologi. Tidak refleksif dalam arti melihat tetapi tidak pernah benar-benar memahami cara ideologi itu terbentuk disebabkan situasi strukturalnya sendiri.

Gouldner mengulang pernyataan-pernyataan penting yang terdapat dalam karya awalnya mengenai hubungan antara ideologi dan ilmu sosial. Sesuai dengan konsepsinya semula sosiologi tidak jauh bergerak dari ideologi. Walaupun sosiologi biasanya mencoba mempelajari ideologi sebagai sesuatu yang berada di sana, tetapi ilmu ini harus refleksif, dalam arti ideologi juga berada di sini—di dalam disiplin ini.

Oleh sebab itu Gouldner merasa perlu untuk memahami dan menyelidiki ideologi dengan maksud untuk lebih memahami sosiologi dapat menempatkannya lebih dekat dalam rasionalitasnya sendiri. Karyanya mencoba untuk melebihi ideologi dan ilmu sosial sebagaimana yang bisa dipahami, yang merupakan bagian dari usaha untuk menempatkan suatu dasar pengembangan bentuk ketiga pembahasan yang mengikis habis kebanggaan-kebanggaan, kesadaran palsu dan batas-batas dari ilmu sosial dan ideologi itu.

Gouldner berpendapat bahwa ideologi modern tentang hak dan kekuasaan individu datang dari dan berakar dalam konsepsi Protestanisme. Walaupun kemudian Protestanisme kehilangan dasarnya, akan tetapi konsepsi tentang hak dan kekuasaan telah tertanam jauh dalam pemikiran sekuler. Dalam retorika rasionalitasnya, konsep ini membenarkan serangkaian tindakan yang diambil, dengan logika serta pembuktian yang diketengahkan berdasarkan atas pandangan dunia sosial, ketimbang dengan memohon pada kepercayaan, tradisi, wahyu atau kekuasaan dari si pengkhotbah (Gouldner 1976:30). Sekularisasi ideologi modern sebenarnya telah memperkuat konsepsi kaum Calvinis tentang hak dan kekuasaan individu. Gouldner lebih jauh menjelaskan konsepsi kehidupan di bumi ini dapat disempurnakan oleh pengetahuan dan usaha manusia (Gouldner 1976:30). Dalam dunia sekuler tidak ada makhluk tertinggi yang membatasi kekuasaan manusia. Semua orang berkuasa, karena sadar tidak ada yang membatasi potensinya. Kekuasaan secara ideologis cocok tak hanya bagi para pemimpin atau penguasa saja tetapi juga bagi sebagian besar penduduk. Lagi pula ideologi modern bukan merupakan suatu utopia—dalam arti tidak menerima anggapan bahwa masyarakat memiliki kemampuan untuk sempurna. Walaupun ideologi itu memperbesar potensi massa, Gouldner berpendapat ideologi adalah kontra tragis sebab mencoba untuk mencapai dunia yang lebih baik, bukan dunia yang sempurna, dengan mengetengahkan hanya apa yang merupakan perbaikan mendasar (Gouldner 1976:75).

Dengan demikian menurut Gouldner ideologi adalah suatu sistem ide sekuler yang dianggap sebagai pembenar. Di zaman penalaran, ideologi memperoleh kekuatan dengan jalan mengurangi pengaruh keagamaan. Ideologi tak hanya suatu sistem kepercayaan yang dianggap dapat dipertahankan secara rasional, dia juga disatukan dengan praktek. Perkembangannya menjadi mungkin melalui melek huruf massa dan media-massa. Dengan menggunakan simbol-simbol serta teknologi komunikasi massa yang modern ideologi itu dapat disebarluaskan pada khalayak ramai.

Akan tetapi bagaimanapun juga ideologi modern telah gagal. Walaupun keyakinannya terhadap kemajuan potensial manusia secara romantis sangat mengesankan, tetapi di saat-saat penalaran berkembang dia menghadapi masa-masa sulit. Gouldner mengakui bahwa ideologi modern telah gagal mewujudkan janji-janjinya. Gouldner meminta pertimbangan refleksif yang melampaui tipikal pendekatan sepihak terhadap ideologi—suatu pendekatan di mana para pendukungnya berdiam diri terhadap kritik dan kelemahan-kelemahannya serta menutup diri terhadap kemungkinan sifat-sifat baik. Refleksivitas diri akan membawa kita lebih dekat pada pengkajian diri secara kritis sehingga nilai-nilai ideal ideologi serta pelaksanaan riel akan mewujudkan keselarasan yang hampir sempurna. Sebagaimana yang terjadi sekarang cita-cita ideologis terpencil dari kebudayaan di mana ia hidup.

Kelihatannya perubahan-perubahan telah terjadi di negara-negara kapitalis di mana kesadaran teknokratis gagal sebagai ideologi. Goulner (1976:248) menganggap bahwa dalam suatu masyarakat yang telah mengalami kenaikan GNP, memiliki kelas politik eksekutif, serta berwenang dalam birokrasi yang diilmiahkan, telah terbiasa menuntut kepatuhan tanpa adanya keyakinan ideologis. Mereka yang berwenang dalam masyarakat cenderung menerima pembuktian otomatis atas kebutuhan karena kepatuhan terhadap sistem tanpa membuat himbauan-himbauan ideologis yang menggairahkan massa.

Menurut Gouldner ideologi merupakan komponen penting bagi masyarakat modern. Walau telah gagal tetapi ideologi modern mencoba bertindak sebagai pengganti agama yang transenden dan menyediakan legitimasi bagi dunia teknologis. Tetapi ideologi yang menekankan potensi manusia bagi kemajuan, terlihat telah kehilangan beberapa kekuatannya dan ideologi yang baru masih dalam proses tumbuh. Menurut Gouldner (1976:245-246) teknologi (termasuk konsumerisme, produktivitas dan ilmu) yang menekankan kenikmatan hidup bukanlah ideologi. Sebaliknya teknologi akan menekan masalah-masalah ideologis dan merintangi kreativitas serta adaptasi ideologi.

Pertanyaan mengenai perlu tidaknya legitimasi bagi masyarakat modern dapat ditemukan dalam karya-karya sosiologi klasik, khususnya karya Durkheim dan Weber yang mengakui kemerosotan potensi agama sebagai kekuatan pemberi legitimasi. Pencaharian ideologi yang memberi legitimasi baru versi Gouldner itu menyuarakan kembali karya-karya klasik. Menurut Gouldner (1976:245) gerakan kesadaran lingkungan dapat berfungsi sebagai ideologi yang tepat di saat-saat kekacauan, kekurangan material, statis atau turunnya ukuran kehidupan penghematan energi serta bahan-bahan mentah. Sehubungan dengan masalah lingkungan tersebut, ideologi lain, termasuk agama-agama baru, agama semu, dan gerakan-gerakan kebatinan yang juga berkembang, menekankan perlunya dematerialisasi kehidupan sehari-hari.

Ideologi gagal tidak hanya dalam masyarakat kapitalis Barat, tetapi juga dalam masyarakat sosialis. Seperti halnya teknologi yang lebih melayani kelompok tertentu ketimbang sebagai suatu kekuatan moral yang menyatukan masyarakat, ideologi sosialispun telah melayani sejumlah kecil kelompok-kelompok kepentingan dengan mengorbankan kelompok secara keseluruhan. Dalam masyarakat sosialis dan kapitalis ada ketegangan antara pembahasan-pembahasan ideologis yang menolak legitimasi kepentingan para peserta dan realitas atas keikutsertaan mereka. Pengakuan terhadap kontradiksi inheren antara bagian dengan keseluruhan, individu dengan masyarakat, kepentingan pribadi dengan kepentingan umum penting bagi suatu ideologi yang lebih rasional dan masuk akal.

Tugas sosiologi dan teori sosial ialah mengkritik dirinya serta ideologi yang ada. Dia harus berdasar atas nilai-nilai serta kepentingan-kepentingan yang dapat dibenarkan dan bersedia mengambil tanggung jawab untuk itu, terus-menerus berusaha untuk memperdalam pemahaman refleksifnya terhadap komitmennya sendiri (Gouldner 1976:293).

Goludner menyadari bahwa reflexive sociology akan tetap merupakan suatu perjuangan, tetapi dia menyebut hal itu sebagai perjuangan untuk menyadari kedudukannya di dunia sehingga masyarakat yang harus dimengerti itu dapat lebih dipahami.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Sumber.
Poloma, Margaret M. 1979. Sosiologi Kontemporer. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.


Baca Juga
1. Alvin W. Gouldner. The Coming Crisis
2. Alvin W. Gouldner. Sosiologi Reflksif
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Alvin W. Gouldner. Dialektika Ideologi dan Teknologi"