Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Abdel Rahman Ibn-Khaldun

Sketsa Biografis
Ada suatu tendensi yang menganggap bahwa sosiologi hanyalah fenomena Barat yang agak modern. Akan tetapi, dalam kenyataannya, para sarjana telah mengembangkan ide-ide dan teori-teori sosiologis lama dan berada di belahan-belahan dunia lainnya. Suatu contoh ialah Abdel Rahman Ibn-Khaldun.

Ibn-Khaldun lahir di Tunis, Afrika Utara, pada 27 Mei 1332 (Faghirzadeh, 1982). Lahir di keluarga terdidik, Ibn-Khaldun dididik di bidang Al-Qur’an (kitab suci Muslim), matematika, dan sejarah. Semasa hidupnya, dia melayani bermacam-macam sultan di Tunisia, Maroko, Spanyol, dan Algeria sebagai duta, bendahara raja, dan anggota dewan sarjana. Dia juga menghabiskan waktu dua tahun di penjara karena keyakinannya bahwa para penguasa negara bukanlah para pemimpin ilahiah.

Setelah menjalankan kegiatan politis hampir dua dasawarsa, Ibn-Khaldun kembali ke Afrika Utara, di sana dia menjalani periode lima tahun studi dan menulis. Karya-karyanya yang dihasilkan selama periode tersebut menambah kemasyurannya dan menghasilkan jabatan dosen di pusat studi Islam, Universitas Masjid Al Azhar di Kairo. Di dalam kuliah-kuliahnya yang banyak dihadiri orang mengenai masyarakat dan sosiologi, Ibn-Khaldun menekankan pentingnya menghubungkan pemikiran sosiologis dan pengamatan historis.

Pada saat dia wafat pada 1406, Ibn-Khaldun telah menghasilkan suatu himpunan karya dengan banyak ide yang serupa dengan sosiologi kontemporer. Dia melakukan studi ilmiah terhadap masyarakat, riset empiris, dan penyelidikan sebab-sebab fenomena sosial. Dia mencurahkan perhatian yang besar kepada berbagai lembaga sosial (contohnya, politik, ekonomi) dan antarhubungan di antara mereka. Dia tertarik membandingkan masyarakat primitif dan masyarakat modern. Ibn-Khaldun tidak mempunyai dampak yang dramatis kepada sosiologi klasik, tetapi seperti sarjana pada umumnya, dan sarjana Islam khususnya, dengan penemuan kembali karyanya, dia dapat dilihat mempunyai signifikasi historis yang lebih besar.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini 

Biografi dan Pemikiran Abdel Rahman Ibn-Khaldun (Youtube Link. https://youtu.be/HQAXByD3608)

Teori
1. Perhatian Terhadap Masyarakat Sebelum Comte
2. Ibn Khaldun. Pengaruh Iklim Terhadap Karakter Manusia
3. Ibn Khaldun. Peradaban Umat Manusia secara Umum 
4. Ibn Khaldun. Perempatan Utara Bumi Lebih Banyak Peradabannya dibanding perempatan Selatan
5. Ibn Khaldun. Pengaruh Udara Terhadap Warna Kulit Umat Manusia
6. Ibn Khaldun. Bagian-Bagian Bumi tempat peradaban berdiri
7. Ibn Khaldun. Pengaruh Ketersediaan Makanan Terhadap Tubuh dan Karakter Manusia
8. Ibnu Khaldun. Teori Gerak Siklus Sejarah

Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern.

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Abdel Rahman Ibn-Khaldun"